Selasa, 19 Mei 2009

Tujuan Hidup, Pentingkah?

Apa tujuan hidup Saya? Apa tujuan hidup Anda? pertanyaan itu terkadang sering saya lontarkan kepada teman-teman saya. Tujuan hidup merupakan hal yang sangat penting, yang mendasari setiap langkah dan gerak gerik kita. Ketika kita mengetahui secara pasti apa yang menjadi tujuan hidup dan hal yang ingin kita capai didunia ini, maka apapun dan dimanapun kita, setiap gerak gerik akan sadar atau tidak sadar menggiring kita untuk meraih itu. Seberapa dalam pun kita terjatuh, kita akan berusaha bangkit untuk meraih tujuan hidup tersebut.


Bagaimana dengan seorang muslim? apa yang menjadi tujuan hidup mereka? Dalam surat Adz-dzariyat: 56, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu.” [Adz-Dzariyat : 56]. Tidak lain dan tidak bukan puncak tujuan hidup manusia adalah beribadah kepada Alloh semata.


Tujuan hidup saya (terkadang saya menyebutnya dengan visi hidup) adalah beribadah kepada Alloh, membahagiakan kedua orang tua, serta berusaha berbuat baik kepada sesama. Klise mungkin tapi bagi saya, mempunyai tujuan hidup merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Ketika kita merasa sangat “down”, tujuan hidupmu akan membuatmu kembali bersemangat menjalani hari-harimu. Ketika merasa sangat bahagia pun tujuan hidupmu akan mendorongmu untuk selalu bersyukur terhadap apa yang kamu telah peroleh.


Lalu bagaimana dengan kamu, apa tujuan hidupmu?


Tidak ada komentar: