Senin, 18 Mei 2009

Facebook Diblockir

Sejak hari Jumat pekan kemarin facebook di FKM atau mungkin juga diseluruh UI di blockir. Facebook hanya bisa diakses sebelum Pukul 08:oo, 12:00-13:00, dan setelah pukul 16:00. Keberadaan Facebook memang menimbulkan ketergantungan (addicted) bagi penggunanya. Hal ini juga terjadi pada sebagian besar mahasiswa dan mungkin dosen di kampus saya. Waktu mereka lebih banyak dihabiskan untuk mengupdate status, chat dengan teman, dll daripada melakukan sesuatu yang lebih produktif (termasuk saya sendiri hehe...).

Facebook sendiri buat saya merupakan tools yang lumayan berguna untuk bersosialisasi. Yah, sebagai orang yang cenderung menyendiri, terkadang saya merasa kesulitan bersosialisasi dengan orang lain. Dengan adanya facebook saya bisa mengetahui apa yang sedang teman-teman lakukan, apa yang mereka rasakan (jatuh cinta, marah, gembira, dll), dan bisa berkomunikasi dengan mereka melalui fasilitas chatnya. Selain itu, saya bisa menemukan beberapa teman lama yang sudah bertahun-tahun tidak terdengar kabarnya, berkenalan dengan orang-orang baru, dan membuka komunikasi kembali dengan orang-orang yang sebelumnya hanya kenal nama saja tapi jarang bertukar sapa. Dengan facebook juga, saya bisa berbagi cerita dengan orang lain dan mereka pun bisa memberi komentar terkait dengan apa yang kita tuliskan.

Terlepas baik dan buruknya keberadaan facebook, kita harus bisa memilih dan memilah mana yang lebih baik serta bisa memaksimalkannya untuk meningkatkan produktivitas.

Tidak ada komentar: