Kamis, 10 April 2008

MAPRES Vs MaPres

Mapres (mahasiswa berprestasi)

beberapa hari ini dikampus, rangkaian acara pemilihan Mapres di FKM UI sedang berlangsung. Mungkin tidak banyak mahasiswa lain yang concern. Tapi karena salah satu konstituen Bios ikut dan saya lumayan tertarik dengan tema yang diajukan maka saya berusaha untuk mengikuti.
Hari Rabu dan Kamis kemarin merupakan presentasi makalah dan Bahasa Inggris.

Untuk presentasi makalah, tema yang diangkat para kontestan cukup beragam. Walaupun ada beberapa orang yang mungkin tidak sesuai dengan bidang keilmuannya. tapi ga masalah yang penting mereka menguasai apa yang diangkat. Oya, pesertanya berasal dari angkatan 2005 dan 2004, walaupun memang agak didominasi angkatan 2005.
balik ke makalah peserta, ada beberapa yang agak mengecewakan dalam presentasi beberapa peserta yaitu ketidakkonsistenan untuk berargumen dan tema yang terlalu luas dan tidak spesifik sehingga menyulitkan peserta untuk menjawab pertanyaan para juri.

Pada ses bahasa inggris, performance para peserta juga agak mengecawakan. entahlah mungkin karena persiapan yang kurang atau tema yang mereka dapat tidak terlalu familiar seperti nano dan genom. tapi hal ini tidak bisa disalahkan karena mungki para juri ingin melihat seberapa luas pengetahuan para peserta. selain itu, para juri hanya melihat bagaimana para peserta mengungkapkan ide-ide mereka dengan menggunakan bahasa internasional tersebut. penampilan Lala (Gizi, 05) cukup mendapat respon positif dan penonton. dia sepertinya tidak terlalu kesulitan dalam sesi ini. beberapa peserta lain mendapat tema yang cukup interesting seperti Meilisa (04) dan Ika (MIK, 05) yaitu tentang ayat-ayat cinta movie dan polygami. Ada beberapa penonton yang tidak setuju dengan sistem penjurian seperti ini karena mereka merasa dalam sesi ini seharusnya bisa mengeksplor kemampuan dan pengetahuan para peserta.

Kalo di kampus gi sibuk ngadain pemilihan mapres, saya juga sekarang gi jadi mapres. Mahasiswa Under Pressure. minggu-minggu ini di kampus lagi UTS jadi sekarng gi panen tugas n ujian. tapi entah kenapa rasanya semester ini ga terlalu peduli ma nilai, IPK n whatever lah.


ppfuhh....

Tidak ada komentar: